Laris Manis, Usaha Waralaba Semakin Menjamur di Kota Makassar

Banyaknya masyarakat yang mulai sadar akan dunia usaha mendorong lahirnya berbagai jenis usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal besar. Usaha waralaba (franchise) di bidang makanan masih menjadi tren dan menguntungkan.

Sejumlah merek waralaba di Makassar bisa ditemui di berbagai pusat perbelanjaan, stand pinggir jalan, hingga kios-kios, seperti kebab turki, teh tong ji, passion of chocolate (pasco).

Dari brand yang dimunculkan tentu saja membuat orang penasaran ingin mencobanya. Jangan salah, brand-brand ini bahkan sudah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia.

Di berbagai lokasi, tepatnya di pusat-pusat keramaian di tepi jalan, waralaba seperti camilan, tahu krispi, jamur krispi, banana nuget juga sangat ramai. Belum lagi minuman seperti thai tea, greantea, bahkan ada yang khusus membuat menu kopi.

Salma, karyawan teh tong ji yang memasang stand di Jalan Ratulangi mengatakan, tidak kurang dari sejuta hasil penjualan teh setiap harinya. “Lokasinya memang cukup strategis sebab berada di antara pusat perbelanjaan. Kebanyakan orang yang kehausan setelah berbelanja biasanya singgah ke stand kami,”katanya, Ahad, (1/2/2020).

Senada dengan Salma, karyawan Banana Nuget Rini, juga mengakui pisang nuget rata-rata laris di siang hari. Peminatnya cukup banyak dari kalangan remaja. Mereka senang memilih aneka rasa dalam satu kotaknya. “Kadang ada yang minta rasa greante dan keju, dua rasa dalam satu kotak,” katanya.

Sejak usaha nuget itu masuk dalam pengantaran go food dan grabfood, kata Rini, kadang dia kewalahan menerima orderan. Tidak sedikit yang mengorder dua hingga empat kotak per orang.

Bagi Anda pencinta teh atau kopi tarik yang merupakan usaha franchise tidak usah jauh-jauh ke Malaysia atau ke Singapura untuk mencicipinya. Anda bisa mendapatkannya di kampung popsa atau sekadar ingin mengunjungi restoran  ya kun kaya toast di Jalan Hertasning.

Usaha waralaba ini, bahkan sering dipanggil untuk mengikuti pameran kuliner. Meramaikan kegiatan-kegiatan besar sepertu talkshow ataupun seminar-seminar besar yang dilaksanakan di kota Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *