Pintar Atur Strategi Pemasaran Jadi Kunci Sukses Dalam Bisnis Online

Memulai bisnis baru, bukanlah sesuatu hal yang mudah. Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi untuk bisa mewujudkan mimpi sebagai seorang pengusaha sukses.

Selain menentukan produk, strategi pemasaran juga menjadi salah satu hal penting yang patut di pertimbangkan saat hendak terjun ke dunia wirausaha.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi di era digital, mendorong seluruh aktivitas dilakukan secara online. Termasuk dalam membeli kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data terbaru We Are Social pada 2020 disebutkan bahwa ada 175,4 juta orang pengguna internet di Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada kenaikan sebesar 17 persen atau sekitar 25 juta orang pengguna internet di negeri ini.

Sehingga saat ini strategi digital marketing, dinilai lebih prospektif karena memungkinkan para calon pembeli untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk yang ia butuhkan serta bisa bertransaksi langsung secara online.

Tentunya hal tersebut membuka peluang untuk mengembangkan atau merintis sebuah usaha agar meraih omzet yang memuaskan. Berkat adanya digital marketing tidak sedikit perempuan yang sukses menjadi seorang pengusaha.

Salah satunya ialah Helianti Hilman, ia memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membuat jangkauan bisnisnya lebih luas, dan cara tersebut terbukti berhasil meningkatkan penjualan melalui ekspor ke berbagai negara di dunia.

Namun agar efektif dalam memanfaatkan platform digital untuk sarana promosi, ada beberapa pengetahuan yang wajib kita ketahui agar bisnis yang kita jalankan berjalan secara maksimal.

WeLearn Online Training yang diinisiasi UN Women, Kamis (14/5/2020) memberi tips dan pengetahuan seputar pemasaran digitalmelalui Webinar via aplikasi Zoom.

Tentukan segmentasi pasar

Menentukan segmentasi pasar merupakan hal yang penting dilakukan saat memulai sebuah usaha. Hal ini dilakukan untuk mengetahui produk yang kita tawarkan sesuai atau tidak dengan pangsa pasar hendak kita tuju.

Salah satunya dengan membagikan sample produk untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan produk yang kita miliki. Ini dilakukan untuk mengingkatkan kualitas produk.

“Mengetahui keunggulan produk hal mutlak yang wajib kita ketahui agar sasaran pasar yang kita tuju, dapat menerima dan menganggap kenggulan tersebut bernilai. Sehingga bisnis yang kita geluti bisa berkembang lebih baik lagi,“ kata Erryza Susilo pemateri pada Webinar yang diselenggarakan oleh UN Women.

Membuat konten promosi secara digital

Membuat konten promosi secara digital patut kita lakukan karena selain untuk memberi impresi, konten promosi juga penting untuk mengoptimalkan efektifitas strategi pemasaran kita. Konten promosi perlu dibuat menarik, relevan dan bernilai sehingga dapat menarik pelanggan.

Ada beberapa tujuan dalam berpromosi, yaitu brand awareness, image, dan konversi menjadi penjualan produk.

Konten untuk membangun brand awareness biasanya berisi edukasi yang berkaitan dengan produk atau ayanan Anda. Konten ini bertujuan agar masyarakat peka dan sadar pentingnya kehadiran brand  Anda dan ingin mencobanya.

ementara brand image bertujuan untuk menanamkan persepsi atau citra tentu di benak pikiran konsumen.

Sehingga membuat konten promosi bukan hanya soal penjualan namun konten promosi pada media sosial harus bisa memberi edukasi atau informasi bermanfaat untuk diketahui konsumen.

Penting untuk membuat narasi yang komunikatif dengan konsumen. Perhatikan juga ketentuan setiap media sosial seperti berapa jumlah karakter, proporsi foto, algoritma, dan sebagainya.

Manfaatkan media sosial sebagai tempat berpromosi. Misalnya saja, Facebook dan Instagram, keduanya merupakan aplikasi media sosial yang dapat terintegrasi satu sama lain.

Manfaatkan e-commerce untuk berjualan

Selain media sosial, situs e-commerce juga dapat membantu Anda dalam memasarkan prduk dan jasa yang Anda berikan. Selain untuk berpromosi e-commerce juga digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen.

Dewasa ini, banyak situs e-commerce yang dapat Anda gunakan agar memperluas jaringan penjualan, namun tentunya harus menyesuaikan karakter produk dengan situs tersebut.

Selain memiliki banyak pengguna, beberapa platform serupa juga menyediakan layanan kurir gratis. Sehingga dapat menekan biaya pengantaran.

https://www.grid.id/read/042154409/pintar-atur-strategi-pemasaran-jadi-kunci-sukses-dalam-bisnis-online?page=3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *