• 13 - 15 September 2019
  • Jakarta Convention Center

24-9-1952: Restoran Pertama Waralaba KFC Dibuka di Utah

Hari ini, 23 September 1951, salah satu makanan cepat saji paling terkenal di dunia Kentucky Fried Chicken (KFC), membuka waralaba pertama mereka di Salt Lake City, Utah, AS.

Colonel Sanders yang merupakan pendiri KFC bersepakat untuk menyetujui bisnis dengan seorang pengusaha asal Amerika, Pete Harman. Mereka berdua sepakat membuka bisnis waralaba pertama untuk brand KFC di Salt Lake City, Utah.

Sanders pertama kali mengembangkan resep rahasianya untuk ayam goreng pada 1940-an ketika ia mengoperasikan sebuah restoran di Karolina Utara. Dan pada 1951, ia bertemu dengan pembisnis bernama Pete di Chicago.

Setelah merasakan ayam goreng resep khas Sanders, Pete merasa bahwa resep ayam ini akan berhasil jika ia jadikan sebuah bisnis kuliner di wilayah Utah. Hingga akhirnya Pete menawarkan Sanders untuk membuat sebuah kesepakatan membuka waralaba ayam goreng di Salt Lake City.

Pete penyewa seorang penggambar handal bernama Don Anderson untuk membuat logo di restoran terbarunya. Don akhirnya memberi ide dengan nama "Kentucky Fried Chicken" dengan mencantumkan frasan "Finger-Lickin Good!" untuk jadi slogan di restorannya.2 dari 2 halaman


Sempat Dihancurkan dan Dibangun yang Lebih Modern

Colonel Sanders
Colonel Sanders sukses mengembangkan KFC saat usia 65 tahun (Dok.Instagram/@kfc/https://www.instagram.com/p/BgTZEFFg5uC/Komarudin)

Akhirnya pada 24 September 1951, KFC pertama di dunia diresmikan di 3890 S. State Street, di Salt Lake City, Utah.

Pada 2004, restoran yang asli dihancurkan dan dibangun bangunan yang lebih modern di tempat yang sama.

Restoran KFC pertama ini tetap memiliki banyak memorabilia yang ditampilkan, termasuk dengan baju yang dikenakan khas Colonel Sanders. Resep Colonel Sanders juga digantung.

Restoran tersebut juga menampilkan banyak iklan dan foto-foto lama dari masa awal waralaba, sehingga sekaligus menjadi sebuah musium sejarah KFC.

walaupun memiliki gedung yang berbeda dengan yang pertama kali dibuat, KFC pertama ini tetap memiliki khas rasa ayam yang sama dengan yang pertama kali diciptakan.

KFC pertama di dunia ini juga menjadi satu-satunya KFC yang menawarkan hidangan secara prasmanan, dengan pilihan menu yang beragam, namun tetap terlihat nikmat.

Tanggal yang sama, 23 September 1992, seorang menteri Inggris, David Mellor mengundurkan diri dari jabatan yang tengah diembannya sebagai Heritage Minister. Dengan alasan terlibat skandal seks.

Dan pada 1950, terjadi hal tak biasa. Kala itu langit Kanada dan Inggris mendadak gelap seiring dengan 'menghilangnya' Matahari. Kebanyakan orang berpikir bahwa kegelapan pada hari itu adalah pertanda akhir dunia.

https://www.liputan6.com/global/read/4069636/24-9-1952-restoran-pertama-waralaba-kfc-dibuka-di-utah